-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Jebakan Phising Merajalela di Facebook

Saturday, January 1, 2011 | 6:32 AM WIB Last Updated 2011-06-06T13:57:33Z
Siapa yang tidak mengenal Facebook? Layanan social networking terbesar ini merupakan salah satu layanan yang sangat diminati karena banyaknya fitur dan hiburan yang cukup lengkap untuk dipakai gratis oleh semua orang di segala penjuru dunia. Saat ini facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna dari berbagai belahan dunia dan tentunya ini adalah lahan yang sangat subur bagi seorang internet marketer atau yang memiliki keperluan bisnis di dunia maya. Kalau sudah dikaitkan dengan bisnis, segala macam sudah dihalalkan termasuk yang namanya phising.

Beberapa orang yang turut prihatin akan korban dari jebakan phising ini menghimbau untuk berhati-hati dalam menggunakan situs jejaring sosial terpopuler ini. karena jebakan phising ini kini mengintai pengguna dengan menggunakan kalimat singkat di wall post “look at you”. Jadi user akan menerima posting berupa link bertuliskan “Check it out here, Look at you haha :p” serta sebuah image dari event publik. Pesan seperti ini, dimana pelaku mengusik rasa ingin tahu user, memang sering digunakan untuk mengelabui para pengguna situs jejaring sosial maupun aplikasi messenger.

Jika pengguna mengklik link tersebut, maka pengguna jejaring sosial tersebut akan dibawa kehalaman yang mirip sekali dengan app facebook. Dari mulai tampilan, cara login, dan huruf dan warnanya semuanya mirip sehingga pengguna akan merasa dia berada di halaman app facebook. Dengan cara ini pengguna akan merasa kalau dirinya tanpa sengaja log-out dari facebook dan secara otomatis mereka akan login kembali dengan menggunakan email dan password seperti biasanya.

Disinilah username atau email serta password pengguna facebook tersebut akan dibajak dan digunakan untuk spamming demi keperluan bisnis internetnya tadi. Bayangkan jika setiap pengguna yang dibajak memiliki list teman ribuan, sudah dipastikan bisnis mereka akan lancar. menurut mereka facebook adalah tempat yang sangat empuk untuk melakukan phising karena kebanyakan penggunanya adalah orang awam terhadap info teknologi maupun internet. menurut analisa dari kaspersky lab, pada bulan oktober lalu setiap 20 menit 3000 orang menjadi korban baru phising di facebook. Itu 20 menit saja, bagaimana dengan 1 jam, 2 jam, atau 24 jam kemudian? silahkan dihitung sendiri.
×
Berita Terbaru Update