-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Mudah Membuat Website - Instal Web Server XAMMP

Monday, June 2, 2008 | 6:43 AM WIB Last Updated 2011-06-02T14:10:49Z
Beberapa hari yang lalu, dengan cara yang mengagumkan saya dibuatkan sebuah web server lengkap dengan sebuah website joomla oleh seorang sobat yang belum akan saya sebutkan namanya disini. Beuuuh ternyata cukup dan mungkin bahkan terlalu rumit untuk seorang yang benar-benar dari nol seperti saya ini. 

Setelah saya pelajari dan pahami lagi, ada beberapa langkah awal yang wajib kita selesaikan satu persatu untuk menyelesaikan proses pembuatan sebuah website sampai dengan mempublikasikannya ke dunia luas tanpa batas, dan inilah langkah yang pertama;;



1. Menginstal Web Server XAMMP


Joomla! mensyaratkan PHP, mySQL, dan web server untuk dapat menjalankannya.
Salah satu software yang mencakup keseluruhan persyaratan tersebut adalah Xampp. Xampp tidak saja mencakup PHP, mySQL, dan Apache web server tetapi juga kelengkapan pendukung lainnya seperti phpMyAdmin, dan FileZilla FTP Server.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tata cara instal xampp, sangat disarankan untuk menyiapkan file Installer xampp yang dapat sobat download di situs resminya ini terlebih dahulu sehingga dapat langsung dipraktekkan.
Saat tulisan ini dibuat, installer Xampp for windows tersedia dalam versi 1.7.3 dan berukuran sekitar 51,1 MB. Sobat dapat mendapatkannya secara gratis dengan mendownloadnya langsung di apachefriends.org.

Setelah siap, lakukan instal xampp dengan cara seperti berikut:
  1. Jalankan file xampp-win32-1.7.3-installer.EXE,
  2. Ikuti petunjuk di layar untuk proses instal,
  3. Selanjutnya sobat akan diminta melakukan setting XAMPP melalui tampilan “Windows Command”. Ikuti langkah 4 s/d 9 berikut ini:
  4. Isikan “y” pada baris pertanyaan “Should I add shortcuts to the startmenu/desktop? (y/n):” Lanjutkan dengan tekan tombol ENTER.
  5. Isikan “y” pada baris pertanyaan “Should I procedd? (y/x=exit setup):”. Lanjutkan dengan tekan tombol ENTER.
  6. Isikan “n” pada baris pertanyaan “your choice? (y/n):”. Lanjutkan dengan tekan tombol ENTER.
  7. XAMPP telah siap untuk digunakan. Tekan tombol ENTER untuk melakukan setting otomatis file php.ini dan my.ini.
  8. Tekan tombol ENTER sekali lagi untuk melanjutkan, Isikan “x” pada baris pertanyaan “Please choice (1-7/x):”.
  9. Terakhir, akhiri proses instal dan setting XAMPP dengan sekali lagi menekan tombol ENTER.
  10. Selesai. PC/Laptop sobat sekarang telah terinstal XAMPP dan siap digunakan untuk mulai membuat website Joomla!.

XAMPP, khususnya module Apache dan MySQL, harus diaktifkan terlebih dahulu untuk dapat menjalankan website Joomla!. Caranya adalah:
  1. Aktifkan Control Panel XAMPP dengan meng-klik dua kali icon XAMPP yang ada di desktop atau dari START| All Programs|Apache Friends|XAMPP|XAMPP Control Panel,
  2. Pada Control Panel XAMPP, module Apache dan MySql dengan cara meng-klik tombol START yang ada di samping kanan masing-masing module.


Sampai disini sobat telah selesai melakukan instal paket software Web Server XAMPP, dan juga telah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Service XAMPP. Ini berarti bahwa sobat sudah siap untuk mulai melakukan instal Joomla!.


Selamat mencoba . . ,
×
Berita Terbaru Update